HAKIKAT ILMU PENGETAHUAN ALAM {IPA}
Ilmu Pengetahuan Alam, ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam, yang selanjutnya dalam kurikulum 2004 ditegaskan sebagai sebuah mata pelajaran. Ilmu Pengetahuan Alam (Sciensce) sebagai disiplin disbut juga sebagai proses, produk, dan sikap. IPA (science) sebagai proses diartikan tidak hanya merupakan kumpulan-kumpulan pengetahuan, fakta-fakta, konsep-konsep, generalisasi, hukum-hukum, dan teori-teori saja tetapi merupakan cara kerja, cara berpikir, cara memecahkan masalah tentang diri dan alam sekitarnya. IPA (science) sebagai produk artinya science merupakan kumpulan hasil kegiatan analitik yang dilakukan oleh para ilmuwan dan bentuknya berupa fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip, hokum-hukum dan teori-teori science. Sciencediartikansebagai suatu sikap merupakan perwujudan nilai-nilaitertentu yang dilakukan para ilmuwan dalam melakukan kerja untuk mencapai hasil yang di harapkanm sikap tersebut sering dikenal sebagai sikap ilmiah.
IPA merupakan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis untuk menguasai pengetahuan, fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip, proses penemuan dan memilki sikap ilmiah. Pelajaran IPA menekankanpada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahi dan mermahami alam dan membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitarnya secara ilmiah.
Pembelajaran yang bagaimanakah yang paling tepat untuk anak-anak usia sekolah dasar. Disebabkan struktur kognitif anak-anak berbeda dengan struktur kognitif ilmuwan, tetapi anak-anak perlu mengalami sendiri melakukan keterampilan proses seperti yang dilakukan para ilmuwan agar mereka memilki keterampilan, membiasakan diri berpikir kreatif, dan bersikap ilmiah dalam melakukan sesuatu.