|

Puasa


Pada postingan kali ini saya akan mengupas tentang puasa apa si puasa dan bagaimana puasa itu langsung aja ya sobat semua........
Kata "Shiyam" dan kata "Shaum", kedua-duanya adalah bentuk Mashdar. hal mana menurut (tinjauan dari segio) bahasa mempunyai arti "menahan diri" sedangkan menurut Suara', Ialah " menahan diri dari (mengerjakan) hal-hal yang membatalkan puasa, penahanan mana dengan disertai niat tertentu, (lagi pula dikerjakan) sepanjang hari, oleh orang yang buisa diterima puasanya, yaitu seperti orang yang beragama Islam, berakal sehat, suci dari haid dan niffas".
Beberapa syarat kewajiban mengerjakan puasa adalah 3 hal dan didalam sebagian keterangan redaksi kitab lain, (bahwa syarat wajibnya berpuasa adalah) " 4 perkara" yaitu :
1. Islam
2. Sudah baligh
3. Berakal sehat
4. Mampu untuk mengerjakan puasa
Syarat yang keempat ini, adalah yang ditiadakan pada keterangan redaksi kitab lain, yang memberikan sayarat keharusan berpuasa, hanya 3 hal. maka dengan demikian, berpuasa itu tidak wajib dikerjakan bagi orang-orang yang mempunyai ciri-ciri yang bertentangan dengan syarat-syarat yang tersebut diatas.

Rferensi :
Kitab Fathul Qorib Karya Asy-Syekh Muhammad bin Qasim Al-Ghazi

Posted by mirat on 19.36. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Puasa"

Leave a reply

hi semuanya.....
terima kasih telah membaca artikel saya
saya harap anda memberikan komentar tentang artikel ku ini

Blog Archive

Photobucket
English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
widgets by : Blog Pendidikan

Recently Added